Minggu, 12 Februari 2012

Penemuan Dua Jenis Bintang Neutron Menunjukkan Dua Kelas Supernova yang Berbeda



 
Kamis, 10 November 2011 - Temuan ini lantas memunculkan kesimpulan bahwa dua populasi bintang neutron yang berbeda terbentuk melalui dua saluran supernova yang berbeda.

Para astronom dari Universitas Southampton dan Oxford telah menemukan bukti bahwa bintang neutron, jenis bintang yang dihasilkan apabila sebuah bintang masif meledak sebagai supernova, benar-benar hadir dalam dua varietas yang berbeda. Temuan mereka juga menunjukkan bahwa setiap varietas dihasilkan dari jenis peristiwa supernova yang berbeda.
Bintang neutron merupakan tahap akhir evolusi dari bintang masif. Jenis bintang ini
mewakili bentuk materi yang paling ekstrim: massa sebuah bintang neutron melebihi matahari secara keseluruhan, tapi diperas menjadi bola yang hanya berdiameter lebih kecil dari kota Jakarta.
Dalam sebuah makalah yang akan dipublikasikan minggu ini dalam Nature, Profesor Christian Knigge dan Malcolm Coe dari Universitas Southampton, bekerja sama dengan Philipp Podsiadlowski dari Universitas Oxford, mengungkapkan bagaimana mereka telah menemukan dua populasi bintang neutron yang berbeda yang tampaknya telah terbentuk melalui dua saluran supernova yang berbeda.
“Para ahli teori sebelumnya telah berspekulasi tentang kemungkinan keberadaan berbagai jenis bintang neutron, tetapi tidak pernah ada bukti pengamatan yang jelas bahwa memang benar-benar ada lebih dari satu jenis,” kata Profesor Coe.
Para astronom menganalisis data pada sampel besar binari sinar-X bermassa-tinggi, yang merupakan sistem bintang ganda di mana sebuah bintang neutron berputar-putar cepat sambil mengorbiti sebuah bintang muda yang besar. Bintang neutron dalam sistem ini juga secara berkala menyedot material dari mitranya. Selama fase tersebut, bintang neutron menjadi pulsar sinar-X: kecerahannya meningkat dengan sangat hebat, namun radiasi sinar-X yang dihasilkannya berdenyut pada periode bintang neutron itu berputar-putar. Sistem seperti ini sangat berguna, karena pada waktu denyutan tersebut, para astronom dapat mengukur secara akurat periode bintang neutron itu berputar-putar.
Para astronom mendeteksi dua kelompok yang berbeda dalam satu set besar periode putaran yang diukur dengan cara ini, dengan satu kelompok bintang neutron yang biasanya berputar sekali setiap 10 detik, dan yang lainnya sekali setiap 5 menit. Temuan ini lantas memunculkan kesimpulan bahwa dua populasi bintang neutron yang berbeda terbentuk melalui dua saluran supernova yang berbeda.
“Temuan ini membawa kita kembali ke proses yang paling mendasar tentang evolusi bintang dan membawa kita ke pertanyaan bagaimana supernova benar-benar bekerja,” tambah Profesor Knigge. “Ini membuka berbagai area penelitian baru, baik di bagian observasi maupun teoritis.”


Kredit: Universitas Southampton

Jurnal: Christian Knigge, Malcolm J. Coe, Philipp Podsiadlowski. Two populations of X-ray pulsars produced by two types of supernova. Nature, 09 November 2011. DOI: 10.1038/nature10529

0 komentar:

Posting Komentar

#This is Dofollow Blog
Tinggalkan pesan atau komentar anda (NO SPAM)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


~ Mizwar Al-Idrus ~

Mau lebih akrab dg si admin yg gokil, tuh dibawah dah disiapin dua tombol..hehee :)



Site Info

 
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free free search engine submission SES by business degree online promotion team. General Directory

Mizwar007. Copyright 2014 All Rights Reserved Mizwar007 Gate Inspiring Future Science